Senin, 31 Desember 2012

Etimologi dan Info Negara Bagian Arizona

Arizona adalah sebuah negara Amerika Serikat yang terletak di wilayah barat daya Amerika Serikat. Arizona juga merupakan bagian dari Amerika Serikat Barat dan Barat Gunung negara. Arizona adalah yang paling luas dan keenam yang paling padat penduduknya di 15 dari 50 negara. Modal dan kota terbesar adalah Phoenix. Kota terbesar kedua adalah Tucson, diikuti dalam populasi oleh delapan kota di wilayah metropolitan Phoenix: Mesa, Chandler, Glendale, Scottsdale, Gilbert, Tempe, Peoria, dan Surprise.

Arizona adalah negara ke-48 dan terakhir dari negara bagian yang bersebelahan untuk diterima ke Uni, dan mencapai kenegaraan pada tanggal 14 Februari 1912. Arizona terkenal karena iklim gurun di bagian selatan, di mana ada musim panas yang sangat panas dan musim dingin cukup ringan. Bagian utara Arizona juga memiliki hutan pinus, cemara Douglas, dan pohon cemara, sebuah dataran tinggi, sangat besar tinggi (Dataran Tinggi Colorado) dan beberapa gunung rentang-seperti San Francisco Pegunungan-serta besar, ngarai, di mana ada cuaca yang jauh lebih moderat selama tiga musim tahun, ditambah hujan salju yang signifikan. Ada resor ski di bidang Flagstaff dan Alpine.

Arizona adalah salah satu dari Empat negara Corners. Arizona memiliki perbatasan dengan New Mexico, Utah, Nevada, California, dan Meksiko, dan memiliki satu titik kesamaan dengan sudut barat daya Colorado. Arizona memiliki 389 mil (626 km) panjang perbatasan internasional dengan negara bagian Meksiko, Sonora dan Baja California.

Arizona adalah negara terkurung daratan terpadat di Amerika Serikat, dengan asumsi bahwa pantai di Great Lakes tidak masuk hitungan. Selain Grand Canyon National Park, hutan nasional beberapa taman nasional, dan monumen nasional yang terletak di Arizona. Sekitar seperempat dari Arizona adalah tanah federal yang berfungsi sebagai rumah dari Navajo Nation, suku Hopi, sedangkan O'odham Tohono, suku Apache, masyarakat Yaqui, dan suku Yuman berbagai seperti orang Yavapai , yang Quechan orang, dan orang-orang Hualapai.

Kepercayaan umum adalah bahwa nama negara berasal dari nama sebelumnya Spanyol, Arizonac, berasal dari nama O'odham Alī ṣonak, yang berarti "musim semi kecil", yang awalnya hanya diterapkan ke daerah dekat kamp pertambangan perak Meksiko Planchas de Plata, Sonora. Hal ini didukung oleh fakta bahwa daerah itu masih dikenal sebagai ṣonak ali dalam bahasa O'odham. Asal kemungkinan lain yang telah diusulkan adalah frase Spanyol Arida zona ("zona kering"), disingkat menjadi "Arizona" atau frase Basque Aritz ona ("ek yang baik").

Tidak ada komentar:

Posting Komentar